Senin, 12 November 2018

PENARIKAN SDM

PENARIKAN SDM

Pengertian Penarikan SDM
            Penarikan SDM (recruitment) merupakan proses pecarian calon karyawan yang memenuhi syarat dalam jumlah dan jenis yang dibutuhkan. Penarikan SDM berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan jumlah dan kualitasnya, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Untuk memenuhi kebutuhan kualitas, perusahaan melakukan pemilihan tenaga kerja.

Tujuan Penarikan
Tujuan aktivitas penarikan terdiri dari :
1.        Memikat pelamar yang melamar kesempatan kerja.
2.        Mempengaruhi pelamar menerima tawaran yang mereka terima.
3.        Sebagai sarana pertukaran informasi

Alasan-alasan Diperlukan Penarikan SDM
Ada beberapa alasan yang mendorong suatu organisasi melakukan penarikan pegawai yaitu :
1.            Berdirinya organisasi baru.
2.            Adanya perluasan kegiatan organisasi.
3.            Terciptanya pekerjaan dan kegiatan-kegiatan baru.
4.            Adanya pekerja yang pindah keorganisasi lain.
5.       Adanya pekerja yang berhenti, baik dengan hormat maupun tidak dengan hormat sebagai   tindakan punitive.
6.            Adanya pekerja yang berhenti karena memasuki usia pension.
7.            Adanya  pekerja yang meninggal dunia


Teknik- Teknik Penarikan SDM

            Teknik-teknik rekrutmen, baik di sektor publik maupun swasta dapat dilakukan melalui asas disentralisasikan atau didesentralisasikan, tergantung keadaan (besarnya) organisasi, kebutuhan dan jumlah calon pekerja yang hendak direkrut.

 1.      Centralized Recruitment TechniqiueTeknik (Rekrutmen yang Disentralisasikan)
Jika instansi tersebut mempunyai beberapa ribu pekerja, dan jika departemen-departemen yang berbeda merekrut sejumlah besar pekerja juru ketik atau teknis bagi tipe kedudukan yang sama, rekrutmen yang disentralisasikan akan lebih sering dipakai karena lebih efisien biaya.

Jika rekrutmen disentralisasikan, instansi yang mengelola sumber daya manusia itu akan bertanggungjawab untuk meminta dari para manajer akan perkiraan-perkiraan periodik mengenai jumlah dan tipe pekerja-pekerja baru yang dibutuhkan di waktu akan datang.

 jenis pekerja, klasifikasi, dan besarnya gaji
1.       lokasi tugas (unit geografis dan organisasi).
2.      gambaran dari kewajiban-kewajiban kerja.
3.      Kualifikasi minimal.
4.      Tanggal mulai kerja.
5.      Prosedur-prosedur pelamaran,
6.      Tanggal penutup bagi.

   2.      Decentralized Recruitment Techniqiue (Teknik Rekrutmen yang Didesentralisasikan)

            Rekrutmen yang didesentralisasikan terjadi di instansi-instansi yang relatif kecil, kebutuhan-kebutuhan rekrutmen terbatas, dan dalam mana setiap instansi mempekerjakan berbagai tipe pekerja. Rekrutmen dengan cara ini selalu dipakai untuk posisi-posisi khas profesional, ilmiah, atau administratif bagi suatu instansi tertentu. Selama masa resesi, di mana permintaan akan pekerjaan-pekerjaan pemerintah meningkat tetapi lowongannya terbatas, maka penggunaan rekrutmen dengan cara ini lebih efektif.

Sumber :

Senin, 08 Oktober 2018

Struktur organisasi PT. GARUDA INDONESIA




Struktur Organisasi PT. GARUDA INDONESIA
Sofkil


Nama    : Rimandasari
Kelas     : 4 EB 23
NPM      : 26215005


Universitas Gunadarma






Struktur Organisasi PT. Garuda Indonesia
Struktur organisasi merupakan elemen penting untuk menjalankan aktivitas perusahaan yang menggambarkan hubungan wewenang dan tanggung jawab bagi setiap karyawan yang ada dalam perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi yang jelas, maka seluruh aktivitas perusahaan dapat dilaksanakan dengan baik dan mengarah pada tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, untuk mencapai tujuan dasar kerja sama yang mempunyai bentuk dan susunan yang jelas dalam tiap-tiap tugasnya serta menegaskan hubungan antara satu sama lain.

Identfikasi tingkatan Manajemen
 Manajemen Atas         : Direktur Utama
Tugas Direktur Utama yaitu seseorang yang mampu mengendalikan dan memimpin organisasi atau perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan.
Manajmen Menengah : Direktur layanan, Direktur pemasaran dan penjualan,   Direktur Tehnik dan pengelola armada, Direktur operasi, Direktur keuangan, Direktur SDM dan Umum, Direktur Strategis Pengembangan Bisnis.
Tugas Direktur Menengah yaitu :
1.      Direktur layanan ialah Mengendalikan sarana dan prasarana pelayanan umum secara efisiensi dan efektif.
2.      Direktur Pemasaran ialah Mengelola dan mengoptimalkan upaya-upaya pemasaran dan penjualan produk-produk yang dihasilkan perusahaan sesuai dengan perencanaan dan strategi perusahaan.
3.      Direktur  Tehnik Pengelola Armada yaitu bertanggung jawab dengan perihal pengolalaan Armada.
4.      Direktur Operasi yaitu penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengawasan operasi pesawat udara dan personel operasi pesawat udara, serta personel kesehatan penerbangan.
5.      Direktur Keuangan yaitu Mampu menggeneralisasikan bidang keuangan dan Memimpin kinerja keuangan perusahaan.
6.      Tugas Direktur SDM dan Umum yaitu Mengkoordinasikan perumusan perencanaan dan pemberdayaan pegawai (man power planning), sesuai kebutuhan Perusahaan dan Menyelenggarakan Sistem Informasi SDM dalam suatu data base Kepegawaian.
7.      Direktur Strategis pengembangan bisnis yaitu Melakukan usaha-usaha untuk pengembangan produk-produk telekomunikasi baik produk sentral, terminal, transmisi, dan produk-produk lainnya secara efektif dan efisien dan Melakukan studi analisa mendalami tentang perkembangan sistem telekomunikasi dalam menentukan peluang bisnis.
Manajemen Bawah : Ground Services, Network Management, Fleet Aqcuistion, Flight Operasition, Financial Analysis, Human Capital Management, Strategic Manajement Office. 
Tugas Direktur Bawah yaitu Semua Bidang menyangkut dengan pelayanan pesawat dsri mulai penerbangan sampai dengan strategis management.


Aspek Kegiatan PT. Garuda Indonesia
            Garuda Indonesia adalah suatu badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa transportasi udara dan jasa-jasa lain yang terkait. Sebagai BUMN, Garuda juga mempunyai tanggung jawab lain, yaitu sebagai agen pembangunan dengan tujuan membantu Indonesia untuk tinggal landas, dan sebagai wakil/duta rakyat Indonesia, dimanapun Garuda berada.
Sehubungan dengan itu ada beberapa tanggung jawab lain yang diemban Garuda Indonesia yaitu :
1.      Meningkatkan industri sektor pariwisata di Indonesia,
2.      Menciptakan lapangan kerja,
3.      Melestarikan kebudayaan Indonesia, dan
4.      Membantu pembangunan nasional.
Secara umum kegiatan perusahaan adalah sebagai berikut :
1.      Mengelola penerimaan kas atas penjualan tiket pesawat dan pengiriman kargo.
2.      Melayani pelanggan yang membeli tiket pesawat dan memberikan informasi mengenai penerbangan, termasuk pengaduan.
3.      Menyiapkan, memeriksa dan menyerahkan kelengkapan dokumen kargo, seperti Surat Muatan Udara (SMU) atau Air Way Bill (AWB) yang akan diserahkan kepada customer/agen.
4.      Menerima arsip dokumen SMU dan AWB dari pusat atas barang yang sudah terkirim untuk dicocokan dengan catatan yang ada di perusahaan dan dibuat laporan penjualannya.

5.      Membuat laporan keuangan atas penjualan tiket dan kargo setiap bulan serta langsung di kirim ke pusat.

FUNGSI MSDM PT GARUDA INDONESIA

Manajemen Sumber Daya Manusia
Sofkil



Nama  : Rimandasari
Kelas   : 4 EB 23
Npm     : 26215005


Universitas Gunadarma


Fungsi Manajemen SDM PT Garuda Indonesia

Tenaga kerja sebagai sumber daya manusia merupakan ujung tombak sebuah perusahaan dalam menjalankan fungsinya. Seiring dengan terpaan krisis ekonomi pada akhir 90-an, PT. Garuda Indonesia mengurangi jumlah tenaga kerjanya untuk efektifitas dan menekan biaya pengeluaran. Sampai dengan tahun 2010, jumlah karyawan PT. Garuda Indonesia sebanyak 9.415 orang. Jumlah karyawan PT. Garuda Indonesia pada setiap tahunnya mengalami penurunan. Seperti telah disebutkan diatas untuk efisiensi pengeluaran seiring dengan adanya terpaan krisis ekonomi. Namun tingkat pendidikan karyawan setiap tahun semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan itu semakin diperlukan untuk meningkatkan sumber daya manusia.
Bagi Garuda Indonesia, karyawan adalah sumber daya Perusahaan yang paling berharga. Pembinaan dan pengembangan karyawan senantiasa menjadi prioritas utama dalam pengembangan usaha Perusahaan. Perusahaan menetapkan perencanaan karyawan yang dilakukan dengan mengacu pada kebutuhan Perusahaan berdasarkan rencana usaha (business plan), arah kebijakan dan strategi Perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk mencari sumber daya manusia yang benar-benar kompeten, qualified, loyal dan bertanggungjawab.

Perubahan harus dimulai dari dalam diri setiap karyawan untuk membawa pengaruh yang lebih besar bagi perusahaan atau lingkungan sekitar. Untuk itu, selain melalui penerapan nilai-nilai budaya kerja “Fly-Hi”, juga diperlukan sikap dan pikiran positif dalam mengantisipasi berbagai perubahan yang ada dalam industri ini. Semangat kerjasama tim dan saling melayani haruslah menjadi dasar dalam membangun keterbukaan dan rasa percaya satu sama lain atau antar bagian yang menjadi bagian dari proses pelayanan kepada pelanggan.

Selasa, 20 Maret 2018

Rabu, 27 Desember 2017

Offer Fragrant Oil Products

Offer Fragrant Oil Products

Nama    : Rimandasari
Npm      : 26215005
Kelas     : 3  EB 23







Offer Fragrant Oil Products

Perfume is one of the most fragranced body products used by people.
Perfume fragrance of this rhyme brand will not be disappointed. 
Therefore, now people are starting to have refilled perfumes.
In addition to the price is much cheaper,
wanginya also practically similar to branded perfumes.
Hayo do not run out enough to buy with the price @ 10,000,
surely you will not be disappointed. Who wants to
buy please come to Setiabudi Rubber Shop 2.

Thanks J